Kemenpora: Pemuda Dituntut Terus Berinovasi juga Kreatif

Kemenpora: Pemuda Dituntut Terus Berinovasi juga Kreatif

Deputi Lingkup Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda lalu Olahraga (Kemenpora) Asrorun Ni’am Sholeh menjelaskan bahwa keterampilan manajemen event sangatlah penting dalam masa sekarang. Menurtnya, calon konsumen sangat menghargai ide, keunikan juga kreativitas yang mana diberikan oleh manajemen event. Sehingga pelanggan memperoleh pengalaman istimewa.

Lebih lanjut, manajemen event dapat memberikan prospek lalu kesempatan kerja bagi para pemuda dan juga berubah menjadi sarana bagi merek untuk berdakwah. Itu disampaikannya ketika memberkan arahan pada kegiatan Youth Edulife Skill (YES) yang dimaksud bertemakan Tingkatkan Skill of Event Management Buat Pemuda Kreatif dalam kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa (2/4/2024).

“Selain jasa, manajemen event dapat berubah jadi sarana dakwah sekaligus mengedukasi pelanggan mengenai prinsip islam, terkait kegiatan yang dimaksud dilaksanakan. Hal ini mampu berubah jadi potensi kemudian pembeda bagi penyedia jasa sejenis. Poin penting lainnya selain ide kemudian kreatifitas, para pemuda harus mampu berjejaring dengan bermacam pihak sehingga saling bersinergi juga saling menghidupkan,” ujar Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah di informasi persnya.

Menutup arahan kegiatan, Ni’am meminta-minta seluruh kontestan dapat mulai merintis usaha manajemen event pasca pelatihan selesai diberikan sekalipun skalanya kecil. Sehingga pelatihan yang dimaksud diberikan memberikan khasiat untuk kontestan serta dapat berubah jadi pelaku manajer event handal serta berdaya saing pada menyelenggarakan event nasional dan juga internasional di dalam masa mendatang.

Tri Winarno selaku Asisten Deputi Kemungkinan Kemandirian Pemuda mengatakan, kegiatan pelatihan manajemen event dihadiri oleh secara offline oleh 200 peserta didik Universitas UIN Syarif Hidayatullah dari beraneka jurusan secara offline. Selain itu, ada juga 1.345 kontestan online yang mana berasal dari organisasi kepemudaan di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Deontay Wilder Gagalkan Megaduel Rp2 Ribu Miliar Gara-gara Psikedelik

“Saat acara berlangsung, sebanyak-banyaknya 1000 kontestan hadir mengikuti pelatihan melalui zoom, dan juga 345 partisipan lainnya mengikuti pelatihan melalui kanal youtube,” ungkapnya.

Winarno berharap bahwa kegiatan ini dapat memberikan kemampuan dan juga wawasan mengenai manajement event sehingga para perserta dapat mempunyai kemampuan yang dimaksud berkarakter dan juga berdaya saing ke tingkat nasional maupun global.

Sementara itu, Ali Munhanif, Wakil Rektor Sektor Kemahasiswaan yang dimaksud mewakili Asep Saepul Jahar selaku Rektor Universitas UIN Syarif Hidayatullah menyatakan pihak universitas sangat mengapresiasi pelatihan yang diberikan Kemenpora.

Menurutnya pelatihan yang mana ada, dapat memupuk kreativitas para pemuda. Munhanif berpendapat bahwa dimasa mendatang jenis pekerjaan juga jururan sekolah yang dimaksud dipilih tidaklah linier. Sehingga para pemuda penting mengasah kemampuan soft skillnya.

“skill bisa jadi didapat dari manapun misalnya dari pelatihan yang dimaksud diadakan hari ini. Oleh karenanya pemuda lalu siswa harus bergerak lalu pintar menangkap kesempatan yang tersebut hadir baik dari universitas, komunitas, ataupun dimanapun kalian berada,” ujarnya

Munhanif berharap kerjasama antara Kemenpora dengan Universitas UIN Syarif Hidayatullah akan terus berlanjut melalui berubah-ubah macam kegiatan pelatihan sehingga pelajar dapat mengangkap kesempatan-kesempatan yang tersebut ada

Kegiatan pelatihan manajemen event berlangsung 2-3 April 2024 dengan menghadirkan narasumber yang digunakan berkompeten ke bidangnya. Yakni, Muhammad Maksum, Dekan Fakultas Syariah kemudian Hukum UIN; Vinsensius Jemadu, Deputi Layanan Wisata dan juga Penyelenggara Kegiatan Event Kemenparekraf; Ratu Tisha Destria, Ketua Komite Tetap Area Industri Produsen Peralatan Olahraga dan juga Penunjang lainnya KADIN Indonesia; kemudian Monalisa Eka Shinta, Wakil Ketua Asosiasi Karnaval Negara Indonesia kemudian Konsultan pada PT FCOM Inti Teknologi.

Artikel ini disadur dari Kemenpora: Pemuda Dituntut Terus Berinovasi dan Kreatif

error: Content is protected !!