FIA Ubah Format Balap Sprint Formula 1 untuk musim 2024

FIA Ubah Format Balap Sprint Formula 1 untuk musim 2024

Todaynusantara.com – Badan pelaksana Formula 1, FIA, mengungkapkan resmi mengubah format balap Sprint untuk musim 2024.

Dikutip Antara dari laporan AFP, Selasa, pembaharuan resmi dimulai dari balap Sprint pertama yang mana akan berlangsung di dalam Bahrain akhir bulan ini.

Perubahan mencakup pengaturan ulang sesi-sesi selama balap Sprint, termasuk di tempat dalamnya adalah latihan bebas juga kualifikasi yang mana akan dilangsungkan pada hari Jumat, dan juga balapan Sprint dan juga kualifikasi balapan utama akan berlangsung pada Sabtu.

Seperti tahun lalu, enam balapan sprint akan berlangsung musim ini, yaitu di tempat Grand Prix China, Grand Prix Miami, Grand Prix Austria, Grand Prix Austin, Grand Prix Brasil, kemudian Grand Prix Qatar.

Di luar Sprint, terdapat pula proposal yang sudah ada disepakati untuk meningkatkan alokasi unit tenaga (power unit) menjadi empat per peserta balap untuk musim 2024 dan juga 2025.

Selain itu, aktivasi DRS untuk balapan akan diperkirakan satu lap dibandingkan dua lap setelahnya dimulainya balapan, atau start ulang setelahnya Safety Car.

Penyempurnaan peraturan untuk pembaharuan ini akan disampaikan untuk Dewan Olahraga Motor/Motor Sport Planet (WMSC) pada 28 Februari.

Sementara itu, sesi uji coba pramusim Formula 1 untuk tahun ini akan berlangsung selama tiga hari di area Bahrain pada 21-23 Februari.

Setelah itu, Formula 1 musim 2024 sendiri akan dibuka di dalam Bahrain pada 29 Februari hingga 2 Maret.

Baca Juga:  Kalah dari Maroko, Timnas Indonesia U-17 Masih Berpeluang Lolos 16 Besar Piala Dunia U-17
error: Content is protected !!