Erick Thohir ‘Mati-matian’ Lawan Anies-Cak Imin Soal BUMN Jadi Koperasi, Ada Apa?

Erick Thohir ‘Mati-matian’ Lawan Anies-Cak Imin Soal BUMN Jadi Koperasi, Ada Apa?

Todaynusantara.com – Isu BUMN diubah menjadi Koperasi menjadi polemik baru yang digunakan sejumlah diperbincangkan publik. Tak hanya saja publik, dua kubu antara Menteri BUMN Erick Thohir dengan Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, di area mana saling klarifikasi persoalan BUMN jadi Koperasi.

Bahkan, Erick Thohir mati-matian melawan pihak AMIN, pasca dibilang hoax tentang isu BUMN jadi Koperasi.

Menurut Pengamat dari Universitas Al Azahar Indonesia Ujang Komarudin mengatakan, sah-sah cuma Erick Thohir melawan untuk membela hasil buah kinerja para insan BUMN.

“Hampir 5 tahun Erick mengawasi BUMN serta itu tidaklah mudah, mengurus mega korporasi yang tersebut sekarang telah berkontribusi terhadap negara melalui dividen sekitar Simbol Rupiah 82 triliun, terbesar sepanjang sejarah,” kata beliau yang diambil hari terakhir pekan (9/2/2024).

Baca Juga
Menteri LHK Libatkan Banyak Komunitas di tempat Cianjur Tanam 1.000 Pohon

Ujang menilai, Erick juga telah lama melakukan penyelamatan BUMN yang mana merugi. BUMN itu pun merupakan warisan masa lalu, mulai dari Maskapai Garuda Indonesia, Krakatau Steel, PT Perkebunan Nusantara (PTPN), hingga Pupuk.

Dia melanjutkan, Erick Thohir ada ketika menjadi pemimpin penyelesaian proyek – proyek strategis BUMN yang digunakan ‘mangkrak’ akibat kesalahan perencanaan juga pengelolaan proyek yang dimaksud keliru.

“Erick tidaklah pernah menyalahkan kebijakan masa lalu, tetapi Erick tambahan memilih ambil inisitatif problem solving dan juga tuntas,” kata Ujang.

Dalam hal ini, Ujang menyayangkan perdebatannya malah menjauh dari substansi yang dimaksud paling penting, yaitu menyehatkan BUMN agar semakin kuat. Yang terjadi, kata Ujang, justru terjadi serangan untuk Erick menggunakan narasi yang dimaksud sangat jauh dari substansi terpentingnya.

“Ada apa timses lalu Gus Imin terlalu reaktif menyerang Erick? Mengapa paslon tiada fokus terhadap content – nya saja, yaitu bagaimana menimbulkan laba BUMN naik 2-3x lipat dari sekarang lalu bagaimana konstribusi BUMN lebih besar kuat lagi untuk rakyat,” kata Ujang.

Baca Juga:  Syarat Jadi Nasabah BRI Prioritas, Berapa Saldo Minimal yang Harus Dimiliki?

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menggapi cibiran Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang menyampaikan penebar hoax tentang Timnas AMIN ingin ubah BUMN jadi Koperasi.

Baca Juga
Menhub Budi Karya Jadi Menteri PUPR Ad Interim, Basuki Hadimuljono Masih dalam Luar Negeri?

Menurut Erick, Cak Imin tidak ada seharusnya menyalahkan dirinya perihal isu BUMN jadi koperasi.

Pasalnya, isu ini timbul pada diskusi yang digunakan diselenggarakan oleh Timnas AMIN. Sehingga, Erick memohon justru Anies-Cak Imin harus menegur pasukan suksesnya.

Selain itu, seharusnya Anies-Cak Imin juga harus melakukan klarifikasi serta menegur timses yang dimaksud menciptakan ide yang dimaksud oleh sebab itu menghasilkan resah seluruh karyawan BUMN dan juga juga mitra BUMN, baik swasta maupun UMKM.

Hal ini juga mempunyai dampak negatif pada upaya perubahan struktural BUMN yang tersebut terus menunjukkan tren positif pada beberapa tahun terakhir.

“Kalau memang sebenarnya tidak dari regu AMIN, harusnya Pak Anies serta Cak Imin bukanlah tegur saya, tapi tegur jubir yang mana melakukan konferensi pers mengenai hal ini. Videonya ada kok,” ujar Erick di keterangannya, Selasa (6/2/2024).

error: Content is protected !!