Diperiksa Dua Hari Berturut-turut, SYL: Saya Berproses dan juga Kooperatif

Diperiksa Dua Hari Berturut-turut, SYL: Saya Berproses lalu juga Kooperatif

Todaynusantara.com – JAKARTA – Penyidik gabungan dari Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, dan juga Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Dittipikor) Bareskrim Polri rampung memeriksa mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Pemeriksaan yang dimaksud berlangsung selama dua hari berturut-turut di tempat Bareskrim Polri.

SYL mengatakan, pemeriksaan hari ini tidak kali pertama, ia pun mengaku kooperatif untuk menjalani setiap pemeriksaan terhadap dirinya.

“Hari ini pemeriksaan yang dimaksud kesekian kali. Saya berproses, seperti apa yang tersebut diharapkan kooperatif lalu saya sehat setiap ketika dibutuhkan terima kasih telah menunggu. Selebihnya tentu ditanyakan terhadap penyidik,” kata SYL di dalam Gedung Bareskrim Polri, Hari Jumat (12/1/2024).

Saat ditanyakan mengenai permohonan penangkapan mantan Ketua KPK Firli Bahuri, SYL pun tak menjawab juga memilih meninggalkan awak media. Sebagai informasi, hari ini SYL menjalani pemeriksaan lanjutan untuk melengkapi berkas perkara di perkara dugaan penerimaan gratifikasi, suap serta pemerasan oleh mantan Ketua KPK Firli Bahuri terhadap dirinya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirrreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengungkap, selain SYL, pihaknya juga memeriksa lima orang saksi lain, di area antaranya adalah mantan ajudan Firli Bahuri, Kevin Egananta.

“Saksi SYL kembali dipanggil oleh Tim Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya untuk kepentigan pemeriksaan atau memberikan keterangan tambahan pada ruang Dittipidkor Bareskrim Polri,” kata Ade.

“Selain jadwal pemeriksaan yang disebutkan di area atas, penyidik juga memanggil lima saksi lainnya untuk dimintai keterangan tambahan, pada antaranya eks ajudan dituduh FB yaitu Kevin kemudian eks pengawal pribadi terperiksa FB yaitu Hendra,” sambungnya.

Kemarin, SYL juga menjalani pemeriksaan bersatu tujuh orang saksi lain, di dalam antaranya mantan Direktur Alat kemudian Mesin Pertanian (Alsintan) Kementan Muhammad Hatta dan juga mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyon.

Baca Juga:  Hadiri 'KPK Mendengar', ICW Kritik Alexander Marwata yang Tak Malu Hadiri Praperadilan Firli Bahuri

Pemeriksaan yang dimaksud berlangsung selama hampir 13 jam, terhitung sejak ia tiba di area Bareskrim Polri pada 10.36 Waktu Indonesia Barat dan juga meninggalkan pada 22.54 WIB.

“Terima kasih kalian nunggu sampai malam-malam, terima kasih. Saya kira apa yang diminta oleh penyidik juga lain-lain serta saya komunikasikan sampai sedang waktu malam ini. Saya kira ini tidak pemeriksaan yang dimaksud pertama, ini yang mana kesekian kalinya. Saya kira itu yang digunakan dapat saya sampaikan,” kata SYL pada Bareskrim Polri, Kamis, 11 Januari 2024 malam.

(Sumber:SindoNews)

error: Content is protected !!