Dear Investor! Luar Negeri Sebut Pasar Saham RI Bakal Terguncang Pada pemilihan raya 2024

Dear Investor! Luar Negeri Sebut Pasar Saham RI Bakal Terguncang Pada pemilihan raya 2024

Todaynusantara.com – Pergerakan bursa saham Indonesia cukup baik sepanjang tahun 2023 ini, dengan Angka Harga Saham Gabungan (IHSG) memberikan return sebesar 3,4% YTD (Year-to-Date) November.

Sementara itu, indeks saham blue chip seperti LQ45 lalu IDX80 memberikan return masing-masing sebesar -0,8% dan juga -1,6% YTD November.

Meski memberikan catatan yang dimaksud baik tersebut, lingkungan ekonomi saham Indonesia diprediksi akan mulai terguncang memasuki tahun urusan politik 2024.

Dalam laporan dari Schroders Indonesia terkait Outlook Pasar Saham 2024 yang disitir Suara.com hari terakhir pekan (22/12/2023) tantangan utama untuk tahun 2024 kemungkinan akan datang dari ketidakpastian yang digunakan berkaitan dengan politik.

“Pemilihan presiden Indonesia akan menjadi sesuatu yang akan dipantau oleh semua orang pada seluruh dunia akibat masa jabatan Presiden Jokowi berakhir sementara kandidat-kandidat yang ada mempunyai perbedaan yang mencolok satu sebanding lain, sementara program-program dan juga kelanjutan kebijakan masih menjadi tanda tanya pada pada waktu ini,” kata laporan tersebut.

Selain urusan politik dari pada negeri sentimen lain datang dari luar negeri, yakni Amerika Serikat yang dimaksud akan menghadapi pemilihan presiden pada akhir tahun 2024 dalam mana Biden mungkin saja akan menghadapi Trump sekali lagi, yang dimaksud dapat menyebabkan ketidakpastian global.

Sedangkan dari sudut pandang geopolitik, ketegangan antara Rusia kemudian negara-negara Barat, negara Israel kemudian Hamas, dan juga Amerika Serikat lalu China kemungkinan besar terus menjadi ‘noises’ dari waktu ke waktu. Pemulihan perekonomian China dapat menjadi cahaya harapan jikalau sektor ekonomi mereka mulai pulih pada tahun 2024.

“Oleh dikarenakan itu, kami berpendapat pemodal perlu tetap memperlihatkan waspada namun tetap memperlihatkan berinvestasi di dalam lingkungan ekonomi saham,” tambah laporan tersbeut.

Baca Juga:  WNI di area Luar Negeri Bisa Buka Tabungan BRI dengan Mudah, Begini Caranya

“Meskipun kemungkinan besar ada beberapa gejolak, kami meyakini lingkungan ekonomi saham Indonesia siap untuk pulih. Pemilihan saham akan masih menjadi kunci pada tahun 2024 dan juga faktor fundamental merupakan hal yang digunakan perlu diperhatikan oleh pemodal ketika mengawasi strategi investasi,” pungkas laporan itu.

(Sumber: Suara.com)

error: Content is protected !!