Tekno  

Awas! Nomor Hangus bisa saja Jadi Celah Kejahatan, Lindungi Informasi Anda!

Awas! Nomor Hangus bisa saja semata Jadi Celah Kejahatan, Lindungi Pengetahuan Anda!

Todaynusantara.com – JAKARTA – User operator seluler harus hati-hati dengan nomor yang dimaksud hangus tapi masih digunakan atau terhubung ke berbagai akun perbankan, kartu kredit, hingga e-commerce.

Sebab, bisa-bisa terjadi tindakan hukum penyalahgunaan nomor yang sudah tertutup seperti dialami @liong_68.

Ceritanya, pengguna Tiktok @liong_68 curhat, menyampaikan bahwa ia menjadi korban kejahatan dikarenakan telat menambah masa berlaku nomornya. Akibatnya nomor yang dimaksud mengalami masa tenggang, diblokir, hangus, hingga dijual lagi ke pengguna lainnya.

@liong_68 menyampaikan bahwa nomor prabayar miliknya tidak ada lagi digunakan. Namun, anehnya walaupun nomor itu tidaklah berpartisipasi dipakai, @liong_68 mengungkapkan bahwa nomornya masih terhubung ke beberapa bank serta kartu kredit.

Pengguna akun TikTok bercerita, biasanya ia mengisi pulsa Rp10 ribu-Rp20 ribu untuk menjaga nomor tetap memperlihatkan aktif.

“Namun ada momen dimana aku lalai, dan juga kesalahanku tidaklah menunda masa aktifnya kemudian menjadi masa tenggang. Dan akhirnya provider nomor yang dimaksud mengedarkan nomor yang digunakan bukan bergerak itu ke orang lain,”.

Menurut @liong_68, pada 15 Maret nomor lamanya digunakan oleh pembeli nomor baru untuk membobol kartu kreditnya.

“Ada pengunduran uang dari Paypal banyak USD1200. Lalu, akun Shopee usaha yang dimaksud terhubung ke nomor lama diganti email kemudian passwordnya serta mencoba mengambil nilai yang tersebut ada,” cerita @liong_68.

Kerugian lain adalah pembelanjaan senilai Rp500.000 juga berbagai upaya untuk membobol beberapa program yang dimaksud masih terhubung ke nomor tersebut.
@liong_68 mengaku sudah ada menghasilkan laporan kepolisian maupun ke provider terkait persoalan hukum yang mana dialaminya.

Nomor Hangus Memang Akan Dijual Lagi

Menurut website resmi Telkomsel, disebutkan bahwa memang sebenarnya kartu yang digunakan sudah pernah melintasi masa hangus akan memasuki masa regenerasi. Artinya, kartu telah siap untuk diproduksi kemudian dijual kembali. Sehingga pelanggan tiada dapat lagi menggunakan nomor tersebut.

Baca Juga:  Shopee tutup 12.12 Birthday Sale dengan capaian transaksi 10x lipat

Masa regenerasi kartu hingga siap dijual kembali ke pelanggan adalah 60 hari sejak hari terakhir masa hangus.

Ada Jeda Cukup Lama

Namun, sebenarnya pihak operator memberikan jeda cukup lama sampai benar-benar nomor yang dimaksud dijual lagi.

error: Content is protected !!