Tekno  

5 Cara Mengidentifikasi Layar HP Palsu

5 Cara Mengidentifikasi Layar HP Palsu

Todaynusantara.com – Layar adalah bagian terpenting dari sebuah ponsel lantaran pengguna selalu berinteraksi dengan layar ketika menggunakan HP. Namun, pengguna harus waspada dengan adanya layar HP yang mana palsu.

Replika layar smartphone dapat menyebabkan kesulitan pada menggunakan ponsel atau menyebabkan kegagalan fungsi secara tiba-tiba. Jika pengguna membeli ponsel bekas, tanyakan terhadap penjual apakah ada bagian yang digunakan diganti.

Berikut ini lima cara untuk mengetahui apakah layar HP palsu atau tidak:

1. Kecerahan layar

Layar asli menawarkan pengalaman pengguna yang tersebut ideal bahkan di area bawah sinar matahari dan juga kecerahan maksimum. Di sisi lain, sangat mudah untuk menentukan apakah kecerahannya terlalu tinggi.

Jika tingkat kecerahan maksimalnya bukan cukup untuk mata pengguna walau di kondisi cahaya ruangan, kemungkinan besar layar smartphone yang dimaksud adalah layar replika.

2. Sensitivitas

Terdapat perbedaan nyata pada sensitivitas sentuhan antara layar asli juga layar replika. Meskipun layar asli memperkuat sentuhan stabil hingga 10 jari, layar replika kemungkinan besar memberikan hasil yang digunakan tiada stabil di pengujian sentuhan 10 jari atau gagal mengenali tindakan tekanan tertentu.

Layar replika kemungkinan besar berkedip selama pengujian layar sentuh. Untuk menguji sensitivitas sentuhan, pengguna dapat mengunduh perangkat lunak Touch Screen Test di tempat Google Play Store.

3. Lapisan oleofobia

Layar smartphone miliki lapisan oleofobia untuk menjaga dari sidik jari lalu meningkatkan ketahanan air. Saat pengguna mengusap layar asli, rasanya sangat halus.

Namun, sebab sebagian besar layar replika bukan mempunyai lapisan oleofobia, lebih besar sejumlah sidik jari kemungkinan besar muncul serta bagian berhadapan dengan layar tiada akan terasa halus.

Iluatrasi cek nomor seluler - cara cek nomor Telkomsel, Indosat, 3, XL (Pexels)
Iluatras ilayar HP. (Pexels)

4. Cek spesifikasi juga pastikan AMOLED

Baca Juga:  Riset: Anies-Ganjar Dapat Sentimen Konstruktif di area Medsos Usai Debat Capres Ketiga

Jika meninjau spesifikasi smartphone bekas yang digunakan dibeli di dalam situs resmi, pastikan pengguna mengecek apakah ponsel dibekali layar AMOLED.

Karena strukturnya, layar AMOLED tak memancarkan cahaya pada waktu layar berwarna hitam. Untuk mengujinya, pergilah ke ruangan gelap dan juga membuka layar hitam. Jika latar belakang benar-benar gelap, layar yang disebutkan 80 persen asli.

Namun jikalau layar memancarkan cahaya pada gambar hitam, layar yang disebutkan adalah replika.

Perlu diketahui bahwa ada juga layar replika versi AMOLED dalam pasaran, tetapi harganya lebih lanjut mahal daripada layar LCD. Oleh lantaran itu, seringkali smartphone AMOLED yang digunakan layarnya rusak diganti dengan layar LCD replika.

5. Perhatikan bezel layar

Ketebalan bezel layar replika lebih besar tebal dibandingkan aslinya. Cek gambar ponsel yang digunakan ingin dibeli di area situs resmi kemudian bandingkan dengan layar ponsel yang mana ingin pengguna beli.

Jika bingkai layar sangat tebal, layar yang disebutkan merupakan replika.

Ada beratus-ratus penipu dalam pangsa ponsel bekas. Untuk menghindari penipuan, pengguna dapat menggunakan cara dalam berhadapan dengan untuk mengetahui apakah layar ponsel asli atau palsu.

(Sumber: Suara.com)

error: Content is protected !!